;

ANGKOT


Bagian kesatu :


(Angkot di Jl Jend. Sudirman Bogor 9/9/2014)

"Bogor itu kota 'SEJUTA' amgkot" : celetuk seorang kawan ketika bercerita mengenai kunjungannya ke Bogor . Sejuta ? kayaknya tidak sampai sebegitu banyak deh . Hanya bisa dimaklumi "kesan" yang ingin disampaikan oleh kawan tersebut karena memang  Kemanapun anda pergi di Bogor maka hampir pasti anda akan menemui mobil-mobil seperti minibus merk Suzuki atau Kijang (dan sekarang ditambah dengan Daihatsu Granmax) berbalut cat hijau atau biru berlalu lalang di jalan-jalan kota Bogor . Jumlahnya.. tepatnya sih tidak diketahui (kecuali kita bertanya pada Dinas yang bersangkutan) mungkin mencapai 6000-an , hanya mengingat jalan-jalan di Bogor yang tidak seberapa panjang memang kesannya jumlahnya buaaanyaak sekali . Apalagi mengingat kebiasaan angkot berhenti sembarangan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang tidak heran ada kesan "SEJUTA:" angkot di Bogor .

(angkot di Jl. K.H. Sholeh Iskandar /Jalan Baru Kemang )

ENGLISH EDITION ... CLICK HERE

Sampai saat ini angkot masih menjadi transportasi andalan bagi warga Bogor dalam menjalankan aktifitasnya . Walaupun Pemda Kota/Kabupaten Bogor sudah menelurkan beberapa jenis transportasi lainnya seperti bis Trans Pakuan (Busway versi Bogor) , angkot tetap merajai jalanan di Bogor . Kehadirannya mulai sedikit terusik dewasa ini bukan oleh jenis transportasi lain cetusan pemerintah tapi justru pihak swasta , yaitu "SEPEDA MOTOR" yang jumlahnya semakin hari semakin bertambah  .

Ada beberapa alasan yang membuat posisi angkot mulai terusik salah satunya adalah kebiasaan "ngetem " yang sering membuat jengkel para penumpangnya . Penumpang yang biasanya mengejar waktu akan terhambat kalau angkot-nya ngetem terlalu lama . Alasan berikutnya adalah kemacetan Bogor yang semakin hari semakin parah sedangkan angkot sangat tidak luwes dalam menghadapi hal ini . Belum lagi ditambah kenyataan bahwa rute angkot di Bogor (terutama di dalam kota) adalah pendek-pendek sehingga untuk mencapau tempat tujuan seringkali penumpang harus naik 2-3 kali yang ujungnya memakan waktu dan ongkos yang lebih besar .

Entah sampai kapan tapi yang jelas tidak akan terjadi hari ini , walaupun seringkali dimaki tapi keberadaan angkot akan masih tetap mengisi kehidupan warga Bogor . Angkot masih akan tetap dicari oleh warga Bogor 

Mengenali angkot Bogor

Kalau anda baru saja pindah ke Bogor atau berkunjung ke sanak saudara tanpa membawa kendaraan sendiri , tentu akan sangat angkot akan diperlukan bagi tujuan anda . Mungkin anda akan memerlukan sedikit pengetahuan tentang angkot di Bogor . Ada dua jenis angkot yang melalui jalan-jalan di Bogor , yaitu yang berada di bawah naungan Pemda Kodya dan Pemda Kabupaten Bogor . Keduanya bisa dibedakan dengan mudah (bukan dari merk mobilnya ya) tapi dari beberapa hal

Pertama warna catnya , angkot yang berasal dari Kodya biasanya bercat Hijau sedang yang Kabupaten bercat Biru . Kedua , kebetulan belakangan ini banyak angkot Kabupaten yang masuk ke dalam Kota Bogor berwarna Hijau juga karena sebagian rute trayeknya melalui jalan-jalan di Kodya , maka yang perlu diperhatikan adalah "warna" angka yang tercantum di depan atau di belakang angkot tersebut . Kalau Hijau berarti dalam kota , kalau Biru berarti angkot Kabupaten .

Yang paling penting sebelum menaiki angkot adalah (tentu saja) memperhatikan nomor yang ada di angkot karena nomor tersebut adalah penanda jurusan sebuah angkot . Memang di banyak angkot Bogor juga terpampang jurusan atau rute yang ditempuh oleh angkot tersebut , hanya cukup banyak juga angkot yang tidak mencantumkan rute atau jurusannya . Dalam foto di bawah terlihat sebuah angkot yang lengkap dengan nomor dan jurusannya .


                              
(angkot di Jl. Soleh Iskandar depan Bogor Indah Plaza/Yogya)

(Tulisan berlanjut dengan angkot beserta no trayek dan rute yang akan disajikan satu persatu)


Catatan : semua foto dijepret kamera Xperia M antara 06-09-2014 s/d 13-09-2014
Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment