;

CILEBUT (Stasiun)

Bagi warga Bogor pengguna KRL (Kereta Rel Listrik) atau Commuter Line pasti sudah tidak asing dengan nama Cilebut . Stasiun ini adalah salah satu dari tiga buah stasiun Bogor yang dilewati oleh Commuter Line . Dua buah lainnya adalah Stasiun Bogor (Kodya Bogor) dan Stasiun Bojonggede (Kabupaten Bogor) dimana Stasiun Cilebut berada ditengah keduanya . Terletak di desa Cilebut Timur , Kecamatan Sukaraja di pertigaan antara Jl Raya Cilebut, Jl Raya BojongGede dan Jl Pendidikan (menuju Kayu Manis) . 



Stasiun ini menjadi tempat pemberhentian bagi penumpang KRL yang bertujuan ke arah Jl. Baru (Soleh Iskandar) dan sekitarnya . Hal ini disebabkan karena semakin macetnya tengah kota Bogor yang membuat waktu tempuh menjadi lebih lama bila melalui stasiun Bogor . Banyak penumpang yang bermukim di perumahan seperti Taman Cimanggu , Budi Agung dan Bukit Cimanggu City  yang berada di sekitar Jl. Baru memilih untuk turun di Stasiun Cilebut demi menghemat waktu . Selain itu karena kawasan Cilebut sendiri sudah terdapat beberapa perumahan baru maka stasiun ini menjadi tidak kalah sibuknya dengan dua stasiun lainnya di Bogor
pintu masuk lama (diambil dari id.wikipedia.org)
Pintu masuk baru
Stasiun ini , sama dengan banyak stasiun kereta lainnya , sudah mengalami banyak perubahan dan perbaikan sejak diberlakukannya e-ticket bagi KRL/Commuter Line . Pintu masuk stasiun dan loket karcis telah dipindahkan ke bangunan baru di sebelah utara bangunan lama . Pintu masuk dan loket yang lama diubah menjadi mushola . Selain itu semua kios yang berada di dalam stasiun sudah dihilangkan sehingga tidak ada lagi perdagangan di dalam stasiun seperti sebelumnya . Juga deretan kios di pasar sebelah stasiun sudah diganti menjadi tempat parkiran motor . Selain itu terdapat pintu masuk baru disebelah barat stasiun yang berbatasan dengan pemukiman penduduk.


Pintu masuk lama (diambil dari id.wikipedia.org)
Mushola
Area sebelah Barat (diambil dari id.wikipedia.org)
Pintu masuk sebelah Barat
Penumpang memasuki stasiun menuju ke peron harus melalui gate electronic seperti foto di bawah ini dengan memakai Kartu Multi Trip / KMT PT KCJ , Flazz , Brizzi dan beberapa e-money lainnya . Isi ulang dapat dilakukan di loket (untuk KMT)
Loket
Gate 

Stasiun Cilebut menerapkan larangan merokok didalam stasiun , menyediakan toilet gratis , mushola dan charger HP gratis . Selain itu di dalam stasiun terdapat sebuah gerai Alfamart . Juga terdapat tempat penitipan motor . Stasiun beroperasi hampir 24 jam .

Di sekitar stasiun Cilebut adalah daerah pemukiman yang padat penduduk , terdapat paling tidak perumahan Pesona Cilebut yang hanya berjarak kurang dari 50 Meter dan deretan ruko di sepanjang jalan menuju Cilebut selain warung dan toko . Pada malam hari di depan stasiun terdapat banyak penjual buah-buahan dan makanan .

Bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Jl. Soleh Iskandar dapat menaiki angkot no 16 biru atau dapat menaiki ojek sepeda motor yang biasanya mangkal di depan stasiun .

Hanya kemacetan juga menimpa jalan di depan stasiun Cilebut pada saat jam berangkat atau pulang kerja . Kemacetan yang disebabkan oleh banyaknya angkot dan ojek yang ngetem serta ke-tidakdisiplinan pemakai jalan . Seringkali kemacetannya bahkan menyebabkan pejalan kaki tidak bisa lewat

Catatan : foto dijepret kamera Xperia M antara 06-09-2014 s/d 15-09-2014








Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment