;

Menaruh asa di Bogor Center School (Borcess)

Bogor Center School Borcess

Kira-kira kalau tanpa melihat judul tulisan ini, apakah yang terpikirkan oleh anda? Mungkin anda akan mengira bahwa ini adalah fasilitas yang disediakan oleh sebuah hotel. Setidaknya mungkin anda akan menduga ini adalah sebuah waterboom yang banyak tersebar di Bogor.

Kalau itu dugaan anda maka anda salah. Ini adalah kolam renang yang terdapat di dalam lingkungan sekolah Bogor Center School alias dikenal sebagai Borcess.Bila 6 bulan yang lalu saya ditanyakan hal yang sama, maka sangatlah mungkin jawabannya akan sama dengan dugaan anda.

Kelas di Bogor Center School
Enam bulan yang lalu jujur saja, bahkan tidak pernah terpikirkan bahwa kami harus berhubungan dengan sekolah ini. Memang sudah pernah mendengar namanya tetapi saat itu Borcess bukanlah sebuah pilihan yang kami, sebagai orangtua si kribo kecil akan ambil.

Bogor Center School yang berada di bawah naungan Yayasan Muztahidin Al Ayubi bukanlah sebuah sekolah favorit incaran para orangtua. Bahkan dalam kategori sekolah swasta namanya belum masuk level sebagai sekolah swasta favorit di Bogor.

Keputusan kami memilih sekolah ini hanya karena keterpaksaan mengingat hasil nilai SKHUS si kribo tidak mencukupi untuk level Sekolah Menengah Pertama Negeri di Bogor. Sedangkan banyak sekolah swasta favorit sepertu Regina Pacis, Budi Mulia dan lain-lain tidak lagi menerima pendaftaran. Akhirnya kami putuskan memilih yang terdekat dengan rumah karena Borcess berada di kawasan Salabenda tepatnya di ujung Jalan Soleh Iskandar.

Pada awalnya sama sekali tidak pernah terbayang seperti apa sekolah ini. Hanya kemudian setelah hadir pada saat pendaftaran, saya seperti diingatkan sebuah pepatah "Tak Kenal Maka Tak Sayang". Seperti tergugah dari kungkungan "keinginan" menyekolahkan si kribo di sekolah negeri, saya sempat terbengong juga ketika melihat dan mendengar berbagai hal.

Hal pertama yang memukau adalah kedatangan kami saat itu disambut oleh penjelasan panjang lebar mengenai berbagai fasilitas yang disediakan sekolah. Detail tata tertib dan peraturan untuk siswa dijelaskan secara terperinci. Yang membuat kami sedikit terheran adalah si pemberi penjelasan bukanlah guru atau bagian tata usaha. Saat itu yang memberi penjelasan adalah seorang dari bagian pengamanan alias security alias satpam.

Kantin BorcessDengan senyumnya dibalik kumisnya (lupa saya namanya padahal sempat berkenalan), dia membawa kami berkeliling sambil memberikan gambaran tentang sekolah ini. Kagum! Itu apa yang kami rasakan. Entah bagaimana caranya tetapi membuat seorang satpam menjadi seorang marketing adalah hal yang sangat brilian. Kesan pertama yang mengesankan ditambah melihat berbagai fasilitas yang tersedia.

Akhirnya kami putuskan saat itu juga, apalagi karena memang tidak punya pilihan lain yang bisa dipertimbangkan, maka kami mengambil keputusan untuk melanjutkan pendaftaran. Masih ada was was di hati karena tidak punya referensi apa-apa tentang sekolah ini.



Gerbang BorcessSetelah beberapa waktu kemudian, kami para orangtua mendapatkan penjelasan langsung dari ketua yayasan yaitu Muztahidin Al Ayubi (saingan Bima Arya pada pemilihan walikota yang lalu) tentang apa dan bagaimana sebenarnya Borcess itu. Dijelaskan pula secara terperinci pola didik dan pengajaran yang akan diterapkan serta berbagai peraturan yang harus dipatuhi siswa.


Salah satu hal yang semakin merubah pandangan adalah aturan sederhana mengenai keterlambatan. Ternyata di sekolah ini aturan tersebut juga berlaku untuk para guru. Bila siswa kalau terlambat akan dikenakan sanksi berupa harus menghafal satu ayat Al Qur'an dan juga kena penalti poin kalau guru yang terlambat akan mendapat potongan gaji (katanya begitu). Sebuah hal yang cukup menarik mengingat selama ini peraturan hanya diberlakukan untuk siswa.

Masih banyak lagi peraturan seperti dilarang membawa HP berkamera, kerapihan berpakaian, dan masih banyak lagi. Penerapannya , berdasarkan laporan si kribo kecil yang tidak lagi kecil, ternyata sangat ketat. Sudah banyak siswa yang terkena sanksi pemotongan rambut dan celana (karena tidak sesuai dengan standar sekolah).

Alhasil setelah kami telaah lagi ternyata banyak hal yang kami inginkan untuk anak kesayangan kami
itu terpenuhi disini seperti

Gedung Olahraga dan Lab
 1. Fasilitas

    Dengan berbagai fasilitas mulai dari ruang kelas, sarana olahraga berupa ruang Olahraga yang baru selesai dibangun tahun 2014 yang lalu, sulit untuk mengatakan bahwa sekolah ini kurang fasilitasnya. Tersedia juga laboratorium. Untuk SMK ada bengkel khusus otomotif tersedia disini.

2. Kantin

    Siswa dilarang keluar lingkungan sekolah sebelum sekolah usai. Untuk keperluan makan disediakan kantin dalam lingkungan sekolah yang menyediakan berbagai jajanan.

3. Pengawasan

    Siswa tidak diperkenankan keluar lingkungan sekolah tanpa izin . Petugas keamanan akan mengembalikan siswa ke dalam kelas tanpa adanya izin tertulis.

4. Lingkungan belajar yang tenang

    Lokasi sekolah berada sekitar 100 M dari jalan raya (Jalan Semplak). Bersebelahan langsung dengan sebuah danau kecil yang namanya Situ Panjang. Lingkungan sekitar sekolah sangat mendukung proses belajar mengajar dengan tenang.

5. Guru dan staff lain yang komunikatif

    Hal ini penting bagi kami untuk mengetahui sikap dan tingkah laku si kribo kecil. Ternyata wali kelas 7I dimana si kribo berada sangat komunikatif dan membantu melaporkan perkembangan anak semata wayang kami.

6. Kegiatan extra kurikuler untuk menambah keterampilan dari siswa

    Borcess memiliki berbagai macam kegiatan ekstra kurikuler mulai dari beladiri seperti Tae Kwondo, Capoeira sampai kegiatan bahasa seperti Bahasa Jepang , Bahasa Inggris atau berbagai kegiatan kesenian.

Tentu selain hal-hal tersebut sebagai sebuah institusi pendidikan output atau hasil dari proses belajar mengajar adalah sebuah hal yang terpenting. Sebagai sebuah sekolah muda karena berdasarkan penjelasan baru berdiri tahun 2002, tentu sekolah ini masih belum apa-apa dibandingkan dengan sekolah-sekolah "senior" di Bogor. Sistem yang ada tentu pula belum mapan dan masih mencoba menapak. 

Hanya tetap terbersit sebuah asa di hati kami melihat dan mengalami apa yang ada disini. Sebuah asa bahwa sekolah ini bisa mengeluarkan potensi dan bakat yang ada dari si kribo kecil.

Tanggal 21 Desember tahun 2014 yang lalu kami mengambil rapot si kribo kecil dan ternyata, hasilnya menunjukkan bahwa si kribo kecil mulai bangkit kembali dan enjoy bersekolah disini. Sekaligus menunjukkan asa yang kami tempatkan pada sekolah ini sepertinya tidak akan percuma. Semoga terus begitu!

Situ Panjang yang bersebelahan dengan Borcess

Catatan :

1. Bogor Center School alias Sekolah Taruna Terpadu Yayasan Muztahidin Al Ayubi adalah sebuah kompleks sekolah yang terdiri dari TK/SMP/SMA/SMK dan Akademi

2.  Uang Pangkal tahun 2014 untuk SMP (ketika si kribo mendaftar adalah sebesar Rp. 2,000,000.-) dan uang SPP sebesar Rp. 100,000.-/bulan

3. SMP Bogor Center School memilik 2 kelas unggulan (dulu setara RSBI) dan 1 kelas atletik. Penghuni kelas unggulan diseleksi dari siswa-siswa dengan peringkat terbaik di kelas melalui test beberapa mata pelajaran seperti bahasa Inggris dan Matematika. Ujian ini dilakukan setelah siswa melalui 1 semester. Kelas atletik ditujukan untuk membina siswa-siswa dengan bakat di bidang olahraga
Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

21 comments:

  1. 100.000 per bulan dengan fasilitas seperti itu terbilang wow. Semoga tenaga pengajarnya juga sejahtera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu yang saya keluarkan tiap bulannya.. Reward buat pengajar dan staff lainnya ada seperti naik haji dibiayai oleh sekolah (bukan cuma guru)

      Delete
  2. Semoga sukses Pak. Kebaikan pasti akan banyak yang mengirikannya...dan tentu siap menghadapi badai-badai yang tentu akan menerjang. Great!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u mbak.. hahaha memang perjuangan tidak pernah mudah

      Delete
  3. wah keren banget nih sekolah ya, fasilitas bagus biaya muah, mungkin yayasan yg dananya kuat ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sih mbak.. soalnya yang punya pernah nyalonin diri jadi wakil walikota Bogor thn kemaren. Kalau dengar riwayat hidup yang punya seh (yang hidup susah dan pernah jadi tukang batu dan tukang kantung plastik serta pernah tinggal di sekolah krn ga punya biaya) mungkin dia juga berniat membantu.

      Delete
  4. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete
  5. Menarik juga fasilitas sekolahnys, klu utk calon siswa sma tahun ini brp y uang masuk dan uang bulanan nya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku taun ini insyaAllah masuk situ, aku masuk jurusan farmasi dananya kurang dari 4jt dan spp nya itu 250rb perbulan. Kalau untuk sma dananya kurang lebih 2jt.

      Delete
    2. Aku taun ini insyaAllah masuk situ, aku masuk jurusan farmasi dananya kurang dari 4jt dan spp nya itu 250rb perbulan. Kalau untuk sma dananya kurang lebih 2jt.

      Delete
  6. Info dong utk taon ini smp uang pangkalnya brp ya?

    ReplyDelete
  7. Info dong utk taon ini smp uang pangkalnya brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3,5jt bu utk gelombang 2

      Delete
  8. Informasi yang menarik Pak Anton, karena kebetulan hari Sabtu lalu Saya juga sempat berkunjung kesana dan tertarik untuk menitipkan anak Kami untuk belajar di sana. Satpamnya ramah dan informatif, suatu hal yang menarik perhatian kami. Kebetulan Kami akhirnya bertemu dengan Kang Muz langsung dan mendengar penjelasannya. Menarik sekali kisah sukses serta visi misi beliau. Semoga menjadi motivasi buat anak-anak yang sekolah disana. Sukses untuk Kang Muz dan Borcess.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih infonya. Menarik sekali. Saya baru dengar sekolah ini. Karena rumah agak jauh, apakah kira2 ada antar jemputnya ya? Apakah bapak tahu info ttg itu? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tersedia antar jemput dr sekolahnya bun... nanti biaya lsg nego dengan sopirnya bgtu info yg saya dapat karna anak saya jg mau pakai jemputan..

      Delete
  11. Ass.. ada loker guru ekonomi atau IPS di sekolah ini tidak ya??

    ReplyDelete
  12. Ass.. ada loker guru ekonomi atau IPS di sekolah ini tidak ya??

    ReplyDelete
  13. Ass.. ada loker guru ekonomi atau IPS di sekolah ini tidak ya??

    ReplyDelete
  14. Assalamu'alaikum. mohon info apakah th ini bisa menerima siswa pindahan utk kelas 12 ?

    ReplyDelete