;

Pemuda & Ahmad Yani (Jalan)

Bogor kota indah sejuk nyaman , bagai bunga di dalam taman

s'lalu dikunjungi wisatawan , sungguh menarik perhatian........

Tak terasa syair-syair Himne kota Bogor terlontar dari mulut ketika sedang menyusuri dua buah jalan ini . Kerindangan dan kesejukan di kawasan yang dilintasi mereka seperti membawa diri kembali ke masa kecil ketika masih sedang senang-senangnya mencari dan memunguti kenari yang berjatuhan di pinggiran jalan ini . Bahkan setelah puluhan tahun sisa-sisa kesejukan Bogor masih terasa kental di kedua jalan ini , masih rindang dan sejuk , serta masih menyisakan salah satu ciri khas Bogor di masa kecil dulu , pohon Kenari masih banyak berdiri di kiri dan kanan jalan.


Jl. Ahmad Yani


Jalan Pemuda
Kedua jalan yang namanya sangat jauh berbeda , yang satu dinamakan biasa saja "Pemuda" yang satu lagi bernama seorang Pahlawan Nasional Indonesia "Ahmad Yani" , adalah kelanjutan dari Jl. Jend. Sudirman . Hanya yang satu mengarah menjauhi Istana Bogor , sedang yang satunya mengarah mendekati. Keduanya mengapit sebuah kawasan publik berupa kawasan Gelanggang Olahraga atau GOR Pajajaran yang bukan hanya sering dipakai untuk melakukan aktifitas olahraga tetapi juga untuk pagelaran musik . Jl. Pemuda bermula dari Tugu Air Mancur dan berakhir ketika bertemu dengan Jalan Dadali sedangkan Jl. Ahmad Yani bermula dari pertemuan dengan Jalam Dadali dan berakhir ketika bertemu dengan Jl. Sudirman di tugu yang sama . Keduanya bagaikan Jl. Sudirman yang dibelah dua dan hanya berbeda arah saja .
Di sebelah kiri Jl Pemuda ada sebuah pabrik darimana kata "Gujir" yang sering dipakai di masa kecil berasal . Pabrik tersebut pasti sudah banyak dikenal di Indonesia dan produknya dipakai jutaan mobil , namanya PT GOOD YEAR . Entah karena lidah atau memang karena belum tahu cara pengucapannya atau karena tertular , sampai saat ini masih banyak warga Bogor yang menyebut dengan "Gujir" .



Di sebelah kanan Jl Pemuda seperti telah disebutkan terletak kawasan GOR Pajajaran ditambah dengan salah satu kolam renang umum yang bisa dikata tertua (jauh sebelum ada Marcopolo Waterboom atau Jungle) yaitu Mila Kencana . Keduanya masih ada sampai saat ini dan masih aktif dikunjungi oleh warga Bogor . Kawasan ini juga bisa diakses melalui Jl. Ahmad Yani .




Di sebelah kanan Jl Ahmad Yani seperti dalam gambar adalah Mila Kencana . Pengunjung Mila Kencana dapat melihat ke jalan ini dengan leluasa . Di jalan ini pula terdapat Kantor Imigrasi Bogor . Selain itu terdapat beberapa tempat lainnya seperti satu dua kafe dan sebuah pabrik garmen berada di sebelah kiri .


Beruntung bahwa pemerintah Kodya Bogor masih bijaksana dengan tidak merubah jalan ini sebagai sebuah daerah perbelanjaan sehingga kerindangan , kesejukannya dan sebuah ciri khas dari Bogor masih terpelihara . Di kedua jalan ini hampir tidak pernah dirasakan adanya kemacetan atau antrian panjang kendaraan sehingga cukup nyaman bagi para pengendara . Hanya ada saat dimana ada pertandingan sepakbola atau pagelaran musik biasanya arus lalu lintas akan dialihkan ke beberapa jalan lain .

......Di sana aku dilahirkan , Dan aku dibesarkan , Di kota kesayangan
Di sana banyak pemandangan , Dan peristirahatan. Yang indah serta damai

Catatan : 
- kedua jalan ini dilalui oleh angkot no 08 biru , 07 biru , 07 merah dan 16 merah
- semua foto dalam post ini dijepret dari kamera Xperia M 13-9-2014

Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment