;

TUGU KUJANG


(Tugu Kujang)

Bagi pengunjung yang melalu jalan tol Jagorawi dan mengambil arah ke Bogor langsung , tanpa belok di Sentul untuk melalu Bogor Outer Ring Road (Lingkar Luar Bogor) , tugu ini akan dapat dengan mudah ditemukan . Pada pertigaan jalur Jagorawi yang bertemu dengan jalan Pajajaran , jalur yang harus diambil adalah ke kanan . Tidak seberapa jauh , hanya sekitar 400-500 meter akan ada pertigaan lain (pertemuan antara Jalan Pajajaran dengan Jalan Otto Iskandardinata) dimana Tugu Kujang ini berdiri . Posisinya tepat di sebelah Restoran Cepat Saji Kentucky Fried Chicken dan di depan Botani Square Garden .


Tugu Kujang ada lambang dari kota Bogor dan wujud dari Tugu Kujang sendiri ada pada emblim yang dikenakan oleh para PNS di kota Bogor (berdampingan dengan wujud gunung Salak) . Bentuk Kujang diambl dari senjata khas Jawa Barat . Didirikan pada tahun 1982 tepatnya pada tanggal 4 Mei oleh walikota Bogor saat itu Ahmad Sobana

Sampai sekitar tahun lalu (tulisan ini ditulis tahun 2014) apabila kita berada pada posisi di depan kampus lama Institut Pertanian Bogor , maka kita masih bisa melihat pemandangan gunung Salah menjadi background Tugu Kujang . Hanya sejak berdirinya hotel Amaroosa maka hal tersebut tidak bisa lagi dilakukan karena pemandangan ke arah gunung Salak menjadi tertutup oleh bangunan hotel .


(Hotel Amaroosa)

Tugu Kujang sendiri berdekatan sekali dengan salah satu pintu masuk dari Kebun Raya Bogor . Hanya perlu berjalan sedikit maka anda akan bisa mencapainya .



(Jl. Pajajaran - ke arah Warung Jambu)



(Jl. Pajajaran - depan Tugu Kujang . Ke arah Tajur)


(ujung jalan Jl. Otto Iskandardinata)

(Pertigaan tugu Kujang adalah pertemuan dua buah jalan yaitu Jl. Pajajaran dan Jl. Otto Iskandardinata. Bila anda ingin meneruskan pelancongan anda Jl Pajajaran adalah jalan yang tepat untuk anda telusuri karena di sepanjang jalan ini akan banyak ditemukan berbagai lokasi yang cocok bagi penggemar wisata kuliner ataupun wisata belanja)

Catatan : semua foto dijepret lewat kamera Xperia M 07-09-2014
Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment