;

Monumen Helikopter

(Monumen Helikopter)

Coba tebak ada dimanakah monumen atau tugu helikopter ini ? Sebuah Mil Mi-1 produksi sebuah pabrik helikopter Rusia (Mikhail Mil Bureau) dijadikan sebuah monumen di Bogor . Lambang yang tertera di badan helikopter tersebut menunjukkan helikopter tersebut pernah menjadi bagian dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) . Helikopter buatan Rusia ? Kalau kita membaca buku sejarah Indonesia dulu pernah "dekat" dengan Rusia dan banyak persenjataan Indonesia dibeli dari negara tersebut dan helikopter ini adalah salah satu persenjataan yang didapat negara ini dari negara Beruang Putih tersebut .


Sudah bisa menerka ada dimana ? Bagaimana kalau diberi petunjuk tambahan dengan gambar berikut


Home of Chopper itu yang tertera pada dinding dibelakang monumen helikopter ini . "Chopper" sebutan lain dari "Helicopter" sebuah pesawat rotary wing atau sayap tidak tetap . Rumah para helikopter begitulah kira-kira artinya . Kira-kira sudah bisa menebakkah anda di sebelah mana Bogor monumen helikopter tersebut berada . Tidak dilarang untuk membuka wikipedia untuk mencari .

Bagi anda warga Bogor tentu sudah tidak asing dengan monumen ini karena foto lengkap dari monumen tersebut di atas adalah seperti ini 



Monumen ini menandakan bahwa kawasan yang berada disekitarnya adalah termasuk dalam Lapangan Udara Atang Sanjaya Bogor , Semplak . Pangkalan Udara ini adalah markas dari Skuadron Udara 6 TNI-AU yang mengoperasikan helikopter berbagai jenis . Mil Mi-1 pernah menjadi bagian dari Skuadron Udara ini dan setelah purna tugas diberi tugas lanjutan untuk menyambut kedatangan siapapun ke kawasan ini . 



Monumen ini terletak di pertigaan yang mengarah ke Bantar Kambing dan Ciampea dengan Semplak menuju ke Salabenda-Parung . Ke arah Semplak/Salabenda di sepanjang jalan akan ditemukan beberapa lokasi "berbau" militer seperti Markas Komanda Paskhas AU , RS Militer Atang Sanjaya dan komplek perumahan TNI-AU




Sedikit mengenai helikopter yang dijadikan monumen ini . Kalau membaca beberapa literatur sejarah mengenai TNI-AU tidak ditemukan keberadaan Mil Mi-1 dalam inventori TNI AU masa itu . Yang dimiliki oleh TNI-AU adalah Mil Mi-2 . Hanya kalau dibandingkan bentuk dari monumen itu maka heli tersebut lebih mirip dengan Mil Mi-1 dibandingkan dengan Mil Mi-2 .


(foto Mil Mi-1 dari wikipedia) 


(foto Mil Mi-2 dari wikipedia)

Kalau ada yang bisa memberikan informasi tambahan mengenai monumen helikopter ini , mohon jangan ragu untuk memberitahu penulis . Untuk sementara sampai ada informasi lebih lanjut maka monumen helikopter ini tetap disebut memakai Mil Mi-1 karena kemiripan bentuknya .


Catatan : kecuali foto-foto yang diberi tanda , yang lain dijepret lewat kamera Xperia M 13-09-2014


Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Lokasi sekitarnya merupakan kenangan masa kecil yg tak terlupakan kami tinggal tepat dirumah di belakang ekor monumen helikopter tsb (1973-1978) waktu itu masih berwarna silver alumunium dan betuliskan AURI

    ReplyDelete