;

Menulis blog itu (tidak) mudah

Arrgggghhh... betee... !!!

Malam ini benar-benar tidak ada ide yang bisa ditulis dengan mulus . Ada ide tapi data dan fakta belum siap , ada data tapi tidak ada ide . Ampun !


Siapa sih yang waktu itu menulis/mengatakan "membuat" blog itu mudah ? Pengen rasanya #getok# yang nulis . Kayaknya sudah baca entah berapa blog yang memberikan tips dan trik untuk membuat blog . Hanya kok tetap saja rasanya sangat sulit . Sudah baca soal panjang yang baik untuk blog , diberi penjelasan mengenai tulisan yang harus singkat padat dan jelas , belajar soal SEO (Search Engine Optimization) dan seterusnya , tapi kok yah tetap terasa sangat sulit . Kalau dipikir lagi ini seperti kerjaan wartawan , juru kamera , redaksi , tehnisi , marketer sampai office boy digabung menjadi satu . Dari mulai cari data/foto , menulis , mengembangkan ide , mengedit , membuat lay out sampai bikin kopi jadi satu . 


Apalagi ketika sama sekali tidak ada ide yang muncul untuk ditulis . Ditambah dengan belum hari Sabtu dan Minggu untuk mencari bahan . Hasilnya malam ini hanya nulis 3 rute angkot dan sebuah tulisan sambutan . Tidak ada tulisan yang bisa "dijual" besok . Lalu apa yang harus ditampilkan besok ? Tidak ada yang bakalan datang dong ke blog saya ,  tidak ada pageviews tambahan dong .

Pageviews ? Iya ternyata salah satu semangat bagi seorang penulis blog personal adalah ketika ada yang datang dan membaca apa yang ditulisnya . Dorongan berupa rasa senang ketika tahu tulisannya ada yang baca adalah bagian paling menyenangkan (kecuali yang memang cari uangnya dari blog ya ) bagi seorang blogger yang baru 3 minggu nge-blog . Rasanya senang dan dihargai kalau ada yang berkunjung , apalagi kalau ada yang meninggalkan komentar . Itu adalah dorongan yang sangat berharga untuk tetap menulis dan menulis tanpa itu rasanya kurang bensin .

Btw .. kata emak-ku , akan selalu ada harapan besok dan kalau beliau tahu saya begini bakalan dipentung abis . Jadi ya sudahlah cukupkan malam ini sekian dulu . Mudah-mudahan 3 rute angkot yang ada bisa dipakai oleh orang yang mau berkunjung ke rumah saudaranya di Bogor dan mudah-mudahan ada bule iseng yang mau baca kata sambutan . Who knows ..

Tapi tetap saja saya mau protes kepada yang mengatakan bahwa membuat blog itu mudah ! Sama sekali tidak , tapi harus diakui menyenangkan (terutama lepas dari rutinitas keseharian) . Jadi lebih baik mengatakan bahwa menulis/membuat blog itu "MENYENANGKAN" saja bukan MUDAH

Okay ?






Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

  1. Ngak susah juga kalia, klo ada niat semua bisa jadi mudah....he3x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap susah bro ... niatnya ada tapi tetap susah... thank you for visiting

      Delete
  2. hehe... kalau saya yang membuat tulisan diatas, maka saya akan memberi judul " CARA MUDAH POSTING BLOG TANPA IDE ".

    Salam pangwanoh pak
    Blogger Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kang.. maaf baru bisa jawab, kemaren kecapean neeh... Judul yang bagus tuh kang, cuma karena blog ini tidak dimaksudkan untuk kalangan Blogger kayaknya kurang pas. Niat saya cuma pengen memasukkan satu bagian di dapur penulis... :D

      salam kenal juga kang

      Delete