;

MARTABAK AIR MANCUR

Bila kita berdiri di taman Air Mancur maka akan terlihat sebuah bangunan bercat kombinasi hijau dan kuning . Juga akan terlihat deretan mobil parkir di depannya dan pengunjung hilir mudik memasuki gedung tersebut.

Ada apakah di gedung tersebut ? Jawabnya sederhana saja karena disana terletak toko penjual martabak yang menjadi salah satu ikon dari kota Bogor , yaitu Martabak Air Mancur (MAM) . Sudah sejak berdirinya , sekitar 25-26 tahun yang lalu MAM bermarkas di gedung tersebut.


Kalau kita melangkah masuk maka kita akan disuguhi pemandangan para jurumasak MAM yang sedang beraktifitas . Dapurnya memang sejak dahulu dibiarkan terbuka sehingga pengunjung bisa melihat langsung bagaimana proses pemasakan martabak pesanannya .
Mulai dari menuangkan adonan kulit martabak manis sampai dengan proses memberi isi . Bisa juga terlihat di sudut lain , seorang jurumasak mengayunkan adonan untuk dibuat kulit martabak telur.


MAM memang menyediakan dua jenis martabak , yaitu Martabak Manis dan Martabak Telur. Dimana masing-masing jenis akan mempunyai beberapa kategori lainnya seperti Martabak Keju Jagung , Martabak Keju Pisang , Martabak Keju Nangka untuk jenis martabak manis atau Martabak Telur Biasa , Super dan Spesial .


Pada awal berdirinya variasi jenis martabak inilah yang membedakan MAM dengan berbagai jenis martabak di Bogor . Pada saat penjual-penjual lain masih mengandalkan pada martabak berisi meises , kacang dan gula , MAM menawarkan berbagai variasi isi martabak . Hal ini masih terus berlanjut sampai sekarang dan ternyata masih menempatkan MAM sebagai favorit dalam urusan martabak di kota Bogor .

Selain itu martabak MAM masih memiliki sisi lain yang sepertinya susah diimbangi para penjual lainnya yaitu ketebalan dan rasanya . Ukuran martabak baik manis ataupun telur MAM bisa dikata lebih tebal dibandingkan dengan yg sejenisnya . Hal ini disebabkan MAM tidak tanggung-tanggung dalam soal isi martabak . Di martabak manis 2/3 keju ukuran craft adalah standar wajib bagi jenis Martabak Keju Jagung/Pisang atau Nangka . Sedang 4-5 telur + banyak daging giling akan terdapat dalam kandungan martabak telur . Soal rasapun MAM menjaga standar sehingga rasa yang 25 tahun yang lalu sama dengan yang saya rasakan Malam Minggu kemarin .


Tinggal pilih mana yang anda suka . Yang manis gurih dan tebal ala martabak manis atau gurih ala martabak telur . Hanya untuk itu anda harus rela mengantri karena biasanya , terutama pada saat hari Sabtu atau Minggu nomor antrian akan panjang . Sabtu minggu lalu saya harus rela mengantri 45 menit sebelum pesanan selesai . Hanya sepertinya cukup pantas waktu tunggu dan apa yang didapat .


Martabak Air Mancur buka setiap hari pukul 11.00-21.00 hari Senin/Jum'at dan 22.00 hari Sabtu/Minggu .


Catatan : bukan promosi . Semua foto diambil penulis lewat kamera Xperia M 














Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment