;

TIPS MENGHINDARI KEMACETAN SAAT BERKUNJUNG KE BOGOR


Kemacetan di Kota Bogor sejauh ini sempat beberapa waktu lalu membuat timbul wacana di kalangan Pemerintah Kodya Bogor untuk 'mencegah' masuknya mobil ber-pelat 'B' (Jakarta) untuk masuk ke Bogor. Hanya hal tersebut ternyata mendapat banyak ketidaksetujuan dan komentar negatif bukan hanya dari luar Bogor tetapi juga dari masyarakat Bogor sendiri. Salah satu alasannya hal tersebut bisa mematikan roda ekonomi bagi banyak warga Bogor yang menggantungkan diri pada kunjungan wisatawan. Hal ini tidak aneh mengingat lebih dari 3 juta wisatawan domestik dan 150 ribu wisatawan mancanegara datang ke kota hujan ini tahun 2013.

Hanya kemacetan di Bogor sendiri pada akhirnya bisa berakibat buruk pula karena bisa memberikan image buruk bagi Bogor sendiri. Para pengunjung Bogor tentu saja tidak ingin menghabiskan waktunya terjebak dalam kemacetan. Mereka datang untuk menikmati entah Kebun Raya Bogor , berbagai curug atau sekedar menikmati kuliner . Tentu terjebak dalam kendaraan bukanlah sebuah keinginan dari siapapun.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan para pengunjung atau wisatawan (bahkan warga Bogor juga)  kalau berniat datang ke Bogor. Baik berkunjung untuk ke sanak famili atau memang untuk berwisata. Beberapa hal yang akan membantu dalam berkunjung ke Bogor adalah sebagai berikut

1. TENTUKAN TUJUAN ANDA
   

    Samgat penting untuk dilakukan karena kalau anda berkunjung tanpa tahu tujuan kemungkinan besar anda akan menghabiskan waktu berputar-putar di Bogor dan terjebak kemacetan. Waktu anda akan terbuang percuma. Hal ini juga berkaitan dengan rute yang harus anda ambil untuk mencapai tujuan.



2. PELAJARI RUTE DAN AMBIL RUTE TERPENDEK
 
     Seperti contoh , kalau anda berniat menghadiri acara wisuda di Institut Pertanian Bogor yang biasanya dilakukan di Auditorium Andi Hakim Nasution di Dramaga maka anda tidak perlu harus melewati tengah kota Bogor. Anda bisa keluar lewat tol Sentul Barat menuju ke arah Jl. Soleh Iskandar. Anda kemungkinan besar akan tetap harus menghadapi kemacetan rutin di jalan ini . Hanya hal ini berarti anda hanya menghadapi kemacetan di satu titik tapi menghindari beberapa titik kemacetan di tengah Kota Bogor.


3. SEDIAKAN RUTE ALTERNATIF

   Mayoritas jalan utama di Bogor akan bersambung dengan jalan-jalan di perumahan. Jalan-jalan ini biasanya tidak begitu padat dibandingkan dengan jalan utama. Seperti jalan Soleh Iskandar dapat dihindari dengan melalui Kebon Pedes, Cimanggu Kecil dan keluar di Perumahan Taman Yasmin (samping Giant Ekstra) . Memakai Google Maps bisa sangat membantu dan lebih bagus lagi kalau ada teman/rekan/saudara yang tinggal di Bogor yang bisa membantu memberikan informasi alternatif jalan.


4. MEMAKAI KENDARAAN UMUM DAN BERJALAN KAKI



    Banyak tempat tujuan wisata sebenarnya bisa dicapai lebih cepat dengan menggunakan kendaraan umum . Seperti contoh Kebun Raya Bogor sebenarnya mudah diakses dengan menggunakan KRL atau Commuter  Line. Jarak Pintu Masuk Kebun Raya tidak seberapa jauh dari Stasiun Bogor dan bisa dicapai dengan 15 menit berjalan kaki dari Pintu Keluar Stasiun Bogor atau naik angkot yang banyak ngetem di dekat stasiun.



5. BERANGKAT LEBIH AWAL DAN PULANG LEBIH MALAM


    Puncak kemacetan di Bogor adalah apabila hari kerja adalah sekitar jam 6-8 pagi serta jam 4-7 sore. Bila  berangkat lebih awal anda bisa menghindari waktu-waktu sibuk ini dan akan memberikan waktu lebih banyak untuk menikmati Bogor. Ketika berniat meninggalkan Bogor pun akan lebih terasa lancar di waktu malam antara jam 8-9.


6. MENGAMBIL CUTI



Kalau memang tujuannya untuk berwisata, mungkin lebih baik mengambil cuti . Kemacetan di Bogor mencapai puncaknya pada hari Sabtu-Minggu. Hampir di semua jalan akan ditemukan kemacetan yang sangat panjang. Tempat-tempat tujuan wisatapun akan penuh dengan pengunjung, sulit untuk mendapatkan tempat. Kalau berwisatanya dilakukan diluar hari-hari itu, maka akan lebih mudah menghindari kemacetan dibandingkan di kedua hari itu. Juga berbagai tempat wisata akan lebih lengang dan lebih bisa dinikmati.



Itu saja saran dari saya karena banyak warga Bogor sendiri melakukan hal-hal tersebut pada hari kerja.











Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment