;

SAUNG PAK EWOK


Pasti yang jualan brewokan ! Begitu pikiranku ketika pertama kali diajak makan ke "Pak Ewok". Eh ternyata aku kecele, soalnya selama makan disana tidak menemukan satu orangpun , termasuk pelayan yang brewokan. Semuanya rapih dan klimis. Baru setelah lebih dari 7 kali kesana akhirnya ngeh juga setelah lihat logo warung makan yang gambarnya adalah lelaki yang berjanggut dan berkumis lebat alias "brewokan".

Nama tempatnya lengkapnya adalah Saung Pak Ewok. Alamatnya di Bukit Tunggul 5 Taman Kencana, Bogor. Saung itu sebenarnya adalah halaman sebuah rumah di kawasan ini. Lokasinya memang agak menjorok ke dalam perumahan di sekitar Taman Kencana dan tidak terlihat dari Taman Kencana. Hal ini memberikan keuntungan karena jalan di depan warung /saung tidak terlalu ramai dengan lalu lalangnya kendaraan. Ditambah keteduhan di area sekitar warung makan ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati hidangan di luar area saung.

Menu yang ditawarkan oleh Saung Pak Ewok bisa disebut gado-gado . Dari mulai yang tradisional seperti Nasi Timbel Iga / Empal /Ayam + Sayur Asem sampai dengan yang berbau "bule" seperti Zuppa Soup dan Kentang Goreng. Ditambah yang agak berbau oriental seperti Dim Sum. Minumannya tersedia beberapa jenis sop buah dan tentu saja beberapa merk minuman botol yang beredar di Indonesia.


Hanya bila ketiga kru bogormylovelytown (memang jarang pergi terpisah) berkunjung kesini, pesanannya hampir tidak berbeda. Pesanan biasanya Batagor 2 porsi , satu Zuppa-zuppa (zuppa soup) , satu porsi Dim Sum . Minumannya selalu Sop Buah Yoghurt untuk saya , Sop Buah Susu untuk si kribo dan ibunya Ice Lemon Tea.
Gimana rasanya, yah tidak mau saya menjelaskan karena tergantung selera masing-masing. Hanya biasanya kalau tidak cocok dengan selera kami, kami tidak mau berkunjung lagi kesana. Nah, kami sudah berkunjung ke Saung Pak Ewok (kalau tidak salah hitung sampai 7 kali). Batagornya renyah , gurih dan tidak terlalu kering dengan bumbu kacang yang tidak pedas. Dim sum-nya jelas sudah disesuaikan dengan selera lokal tapi tidak mengecewakan.

Hanya yang paling dikenal dari Saung Pak Ewok adalah SOP BUAH-nya. Sop buah nya terdiri dari potongan berbagai jenis buah seperti melon, strawberry, jambu biji, apel, nanas , sirsak di dalam Yoghurt atau Susu yang diberi es batu. Rasanya PAS! (bukan slogan Pertamina yah) Ada asamnya (terutama yang Yoghurt) , manisnya, segarnya. Untuk anda yang tidak menyukai rasa asam bisa memilih yang versi Susu.

Harganya juga tidak mahal karena sepertinya dulu ini adalah tempat nongkrong mahasiswa. Hanya karena sekarang sepertinya Saung Pak Ewok sekarang sudah cukup terkenal , pada hari libur sekitar jam makan siang sering ada  'waiting list'. Jadi biasanya kami berangkat setelah jam makan siang selesai supaya tidak menunggu terlalu lama.

Buat anda yang sedang jalan-jalan ke Bogor di hari libur dan sulit mendapat tempat di restoran-restoran ternama bisa menjadikan tempat ini sebagai alternatif untuk mengisi perut. Pelayanannya juga OK walau tempatnya agak sempit.


















Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

  1. Mari diuji Pak. Lebih mak nyus mana batagor Pak Ewok dengan batagor Ihsan, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ahh.. buat saya dua-duanya sama2 enak dan punya kelebihan masing2.. Lagi juga kan masalah selera mah tidak bisa diadu...:D

      Nuhun pisan kang sudah datang kesini dan meninggalkan pesan...:D

      Delete

  2. kami menerima pembuatan dan pemasangan penghisap asap dapur
    hubungi kami di 081213965753
    IAS GROUP FABRICATION
    .
    Thanks to admin

    ReplyDelete

  3. kami menerima pembuatan dan pemasangan penghisap asap dapur
    hubungi kami di 081213965753
    IAS GROUP FABRICATION
    .
    Thanks to admin

    ReplyDelete