;

Jalan : Dadali

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang

Meberkeun jangjangna bangun taya karingrang

Sukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk

Ngapak mega bari hiberna tarik nyuruwuk



Saha anu bisa nyusul kana tandangna

Gandang jeung pertentang taya bandingannana

Dipikagimir dipikaserab ku sasama

Taya karempan kasieun leber wawanenna


chorus
Manuk Dadali manuk panggagahna
Perlambang sakti Indonesia Jaya
Manuk Dadali pangkakon carana
Resep ngahiji rukun sakabehna

Hirup sauyunan tara pahiri-hiri
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk dadali ngandung siloka sinatria
Keur sakumna Bangsa di Nagara Indonesia


(Lagu MANUK DADALI Cipt. Sambas Mangundikarta)


Lagu berbahasa Sunda yang menggambarkan kebanggaan Urang Sunda menjadi bangsa Indonesia . Maka karena Bogor adalah sebuah daerah yang merupakan tanah Pasundan maka secara otomatis Urang Bogor pun merasa bangga pula menjadi bagian dari bangsa Indonesia . Saking bangganya urang Bogor dengan yang namanya Garuda (maaf bukan Garuda Merah dan bukan pula cap Lang yang lagi ngetren di Indonesia 2014 ini) , urang Bogor merasa perlu mengabadikannya sebagai nama sebuah jalan di Bogor . Jalan tersebut adalah kelanjutan dari Jalan Pemuda (dimana GOR Padjajaran berada) dan mengarah ke arah Warung Jambu .

Jangan bayangkan bahwa anda akan menemukan deretan penjual burung garuda atau burung apapun sebab walau namanya adalah nama burung , anda tidak akan menemukan satupun penjual burung di sepanjang jalan ini . Justru bagi anda pecinta tanaman hias atau anda yang baru beli rumah baru dan merasa perlu membuat rumah menjadi teduh dengan hijaunya tanaman atau ketika anda ingin merenovasi rumah dengan ornamen-ornamen taman , jalan ini akan menjadi penting buat anda . Mengapa ? Karena di sepanjang jalan ini anda akan menemukan deretan penuh pedagang tanaman hias dan ornamen taman . Pedagang-pedagang tersebut berjejer hampir memenuhi pinggir kiri Jalan Dadali . 


(foto diambil dari awal jalan Dadali setelah persimpangan Kebon Pedes 9-9-2014)

(foto diambil dari tikungan jalan Dadali yang mengarah ke Warung Jambu)

Pedagang-pedagang di sepanjang jalan ini menyediakan berbagai macam jenis tanaman , baik tanaman hias dalam pot atau tanaman peneduh rumah . Tanaman hias yang banyak dijual disini adalah Aglaonema , Adenium , Cycads  Philodendron . Tanaman untuk ditanam ditaman bervariasi dari mulai Lily , Mawar , Melati dan masih banyak lagi jenisnya . Harga bervariasi dari mulai yang murah Rp. 2000.- per polybag sampai dengan ratusan ribu seperti Cycads . Harga bisa ditawar tergantung kemampuan tawar menawar pembeli dan pengetahuan akan tanaman . Bahkan bila anda membeli dalam jumlah banyak tidak jarang mereka akan memberikan tambahan atau diskon 

Selain tanaman , pedagang-pedagang disini juga menjual berbagai hal yang berkaitan dengan tanaman , seperti pot , pupuk (terutama pupuk organik dan kompos) , ornamen taman seperti air mancur , rak pot . Bila anda memerlukan jasa untuk membantu menata taman di rumah anda , mereka juga menyediakan jasa untuk memperindah taman anda. 
Setelah tikungan di jalan dadali ini terdapat pedagang-pedagang yang menjual pot-pot unik dari semen atau granit atau juga batu-batuan yang dapat dipergunakan untuk memperindah taman . Hanya kadang mereka tidak terlihat dari jalan ketika anda berkendara .

Untuk menjangkau jalan Dadali bila kebetulan anda sedang malas mengendarai mobil atau motor , beberapa trayek angkot melewati jalur ini . Trayek-trayek angkota yang melewati jl. Dadali adalah trayek 07 Merah (jurusan Terminal Merdeka - Warung Jambu) , trayek 16 Merah (jurusan Pasar Anyar - Salabenda) , dan trayek 07 Biru (jurusan Pasar Anyar - Bojong Gede) . Angkot-angkot ini juga bisa dimanfaatkan ketika anda memutuskan membeli dalam jumlah banyak karena dalam keadaan kosong biasanya angkot-angkot bersedia dicarter untuk tujuan tertentu (tanpa mengambil penumpang di jalan) . Ongkosnya tergantung arah dan kemampuan anda menawar .

Di jalan Dadali terdapat Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bogor selain sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan sebuah Cafe untuk anda yang membutuhkan hiburan (Harly's Cafe and Resto) . 

Ketika anda memutuskan untuk membeli rumah dan tinggal di Bogor atau ketika anda pecinta tanaman hias ada baiknya anda luangkan waktu untuk berjalan-jalan menyusuri jalan ini . Saran saya kepada anda yang mungkin pecinta tanaman hias ketika anda menyusuri jalan Dadali , jangan lupa bawa dompet anda karena kemungkinan besar anda akan membutuhkannya .

Penulis

Catatan : semua foto dijepret lewat kamera Xperia M 06-09-2014 s/d 09-09-2014
Share on Google Plus

About Anton Ardyanto

Terima kasih untuk berkenan membaca tulisan ini. Saya berharap ada yang dapat diambil dan dimanfaatkan dari tulisan ini. Kalau anda berkenan mohon luangkan waktu berharga anda sedikit lagi untuk memberikan sesuatu. Saran, masukan atau kritik akan sangat berharga bagi saya. Apalagi kalau anda berkenan share tulisan dari blog ini kepada yang lain.

Thank you for your time to read my writings. It means a lot to me. I really hope that there is something that you, the reader can take from my writing. I would be honored if you can spare a bit more of your precious time to let me have your comments or even your critics. I would be more than grateful if you can share something from this blog to other people.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment